TIP MEMBUAT SOTO ENAK


Masakan khas Indonesia ini dikenal di seluruh pelosok tanah air. Soto tidak hanya disajikan pada jamuan makan keluarga, tetapi kini sering menjadi salah satu menu khas Indonesia di hotel-hotel dan restoran mewah, untuk diperkenalkan kepada para tamu asing.

Soto sering disamakan dengan sup, mungkin karena sama-sama berkuah. Padahal hanyak hal yang membedakan soto dengan sup, terutama kaldunya. Kaldu soto dibuat tanpa banyak sayuran, bumbunya pun lebih hanyak macamnya. Soto di Indonesia bisa bening aromatik sampai gurih, kental bersantan. Tiap daerah memiliki kekhasan cita rasa tersendiri, bumbunya pun bervariasi, tidak sama persis.

HIDANGAN UTAMA ATAU PEMBUKA
Soto bisa disajikan komplet sebagai hidangan paripurna (one dish meal), lengkap dengan nasi/lontong/bihun, potongan daging, dan sayuran. bisa dimakan sebagai hidangan utama pada jamuan santai atau sebagai hidangan pembuka pada jamuan lengkap dan mewah. Bahan pelengkap soto, seperti ayam, soun, daun bawang, dan sebagainya, bisa disajikan di piring-piring kecil, terpisah dari kuahnya. Semuanya ditaruh di sebuah meja pojok yang terpisah dari meja utama agar para tamu leluasa mereka-reka soto sesuai selera masing-masing. Meramu soto sendiri akan memberikan keasyikan bagi tamu Anda.

MEMBUAT KALDU
Kunci kelezatan hidangan soto adalah kaldu yang baik, bercita rasa sari daging yang tajam (miroso) dan aromatik. Rahasia mendapatkan kaldu demikian, rebus kaldu dengan api kecil dan lama agar sari daging keluar. Soto lebih sering menggunakan kaldu ayam, tetapi bisa juga kaldu daging sapi atau jeroan.

Ayam
Untuk membuat kaldu sebaiknya pilih ayam buras/kampung yang agak tua karena lebih beraroma. Hasilnya akan lebih bagus, karena pakannya berbeda dari ayam ras. Anda bisa memakai ayam utuh, bagian-bagian ayam, atau sisa-sisa tulang ditambah beberapa bagian ayam. Jangan memasukkan hati ayam, karena kaldu akan menjadi keruh. Ampela boleh ditambahkan untuk memperkaya cita rasa. Agar kaldu tidak kental, hindari pemakaian kaki ayam terlalu banyak, sebab kaki ayam mengandung gelatin yang bersifat mengentalkan cairan.

Membersihkan
Untuk mendapatkan kaldu yang baik kebersihan bahan juga harus diperhatikan. Cuci bersih 1 kg ayam utuh atau 1 kg bagian-bagian ayam, tulang-tulang, atau sisa-sisa potongan ayam. Jika ingin mengurangi lemak, buanglah kulitnya, atau ambil minyaknya yang mengambang di permukaan kaldu. Jika memakai punggung ayam, buang parunya (bagian hitam yang menempel pada punggung) dan cuci bersih, agar kaldu tetap jernih.

Merebus ayam
Taruh l.000 g ayam/bagian ayam dalam panci, tambahkan 2 batang daun bawang, 3-4 iris jahe, dan tamhahkan 2.000 ml air. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api. Angkat kotoran yang naik ke permukaan sebelum mendidih. Biarkan rebusan tetap di atas api kecil, air bergolak perlahan, selama 1½ jam. Ukur kaldusejumlah 1.500 ml.

Menyaring kaldu
Angkat kaldu dari atas api, biarkan beberapa menit hingga mengendap. Siapkan saringan yang dilapisi kain bersih, saring kaldu perlahan-lahan sehingga diperoleh kaldu yang bening dan jernih.

MENYIAPKAN PELENGKAP SOTO
Hidangan soto biasanya disertai pelengkap seperti daun bawang, seledri, jeruk nipis, bawang goreng, kedelai goreng, kentang goreng, sayuran, soun, dan sambal. Bahan pelengkap ini perlu disiapkan sebelumnya.
Daun bawang, seledri, dan jeruk nipis.

Daun bawang ambil bagian putihnya, cuci, lain iris tipis-tipis. Seledri, ambil daunnya, iris halus. Iris jeruk nipis membujur, buang bagian tengahnya. Agar tampil cantik, potong jeruk nipis seperti bunga.
Bawang goreng dan kedelai goreng.

Agar bawang goreng renyah dan tidak hitam: Iris tipis bawang merah, taburi garam, bilas dengan air. Tiriskan dan angin-anginkan, lalu goreng dalam minyak panas dengan api sedang. Angkat menjelang kekuningan, jangan tunggu sampai kuning karena bawang akan gosong. Tiriskan, setelah dingin simpan dalam wadah tertutup. Jika Anda ingin melengkapi soto dengan kedelai goreng, rendam kedelai selama 1 jam, tiriskan, goreng hingga kekuningan dan kering.

Kentang goreng
Pilih kentang tua. hindari menggunakan kentang potato chip kemasan yang siap saji, karena rasa dan penampilannya lain. Kupas kentang, potong menjadi 4, iris tipis, rendam dalam air agar tidak kehitaman. Menjelang digoreng, tiriskan, keringkan dengan serbet, goreng dalam minyak yang banyak dan panas. Angkat setelab kekuningan, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup. Jika kentang goreng kurang renyah, goreng sekali lagi dalam minyak panas di atas api sedang.

Sayuran dan soun
Taoge dan kol biasa digunakan sebagai pelengkap soto. Bersihkan taoge dari akar dan kulit bijinya. Iris halus kol. Celupkan kol dan taoge dalam air mendidih 2-3 menit. Celupkan soun dalam air mendidih sampai lemas, angkat, tiriskan.

Sambal
Sambal untuk soto sangat sederhana. Rebus/kukus cabai merah atau cabai rawit, haluskan. Bila suka, tambahkan sedikit cuka/air jeruk.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment